Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kitab Hidayatus syibyan teks Arab dan terjemahan

 

deltajaya01.blogspot.com| Kitab Hidayatus Sibyan (هِدَايَةُ الْصِبْيَانْ) merupakan salah satu kitab yang berisi tentang dasar-dasar ilmu Tajwid yang berbentuk nadhoman. Kitab ini biasanya sering dipelajari dan diperdalami bahkan dihafalkan oleh para santri di pondok pesantren. Kitab ini hanya berisi 40 (empat puluh) bait nadhom yang dikarang oleh Syaikh Said bin Nabhan al-Hadhrami. Nadhom ini sangat mudah untuk dihafalkan layaknya seperti nadhom Maqsud, Imrity bahkan Alfiyah Ibn Malik. Berikut ini teks nadhom Hidayatus Sibyan (هِدَايَةُ الْصِبْيَانْ) beserta terjemahannya.

Pembukaan)

اَلْحَمْدُ للهِ وَصَلَّى رَبُّنَا (١) عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفى حَبِيْبَنَا 

Segala puji bagi Allah Swt dan semoga rahmat tuhan (Allah Swt) untu nabi yang terpilih dan kekasih kita.

وَألِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ قَرَى (٢) وَهَاكَ فِى التَجْوِيْدِ نَظْمًا حُرِّرَا 

Dan keluarganya, para sahabat dan orang yang membaca, dan mempelajari ilmu tajwid sebagai nadhom yang diperinci.

سَمَّيْتُهُ هِدَايَةَ الصِّبْيَانِ (٣) اَرْجُوالِهِ غَايَةَ الرِّضْوَانِ 

Saya namakan kitab ini dengan هِدَايَةُ الْصِبْيَانْ (petunjuk untuk anak anak), saya mengharapkan keridhoan dari Allah Swt.

بَابُ أَحْكَامِ التَّنْوِيْنِ وَالنُّونِ السَّاكِنَة

(Bab Hukum Tanwin dan Nun Sukun)

أَحْكَامُ التَنُوْيِنِ وَنُوْنٍ تَسْكُنُ (٤) عِنْدَ الْهِجَاءِ خَمْسَةٌ تُبَيَّنُ 

ِAdapun hukum tanwin dan nun mati ketika bertemu dengan huruf hijaiyah itu ada lima yang akan dijelaskan pada bait dibawah ini.

إِظْهَارُ إِدْغَامٌ مَعَ الْغُنَّةِ أَوْ (٥) بِغَيْرِهَا وَالْقَلْبَ وَالْإِخْفَا رَوَوْا

Yaitu idzhar, idghom bigunnah, idghom bila gunnah, iqlab dan ikhfa.

فَظْهِر لَذَى حَمْزٍ فَهَاءٍ حاء (٦) وَالْعَيْنِ ثُمَّ الْغَيْنِ ثُمَّ الِخَاءِ 

Maka idzharkan (dihukumi izhar/jelas) ketika bertemu hamzah (ء), ha' (ه), kha' (ح), 'ain (ع), ghain (غ), dan kho' (خ).

وَادْغِمْ بِغُنَّةٍ بِيَنُّو لاَاِذَا (٧) كَانَ بِكِلْمَةٍ كَدُنْيَا فَامْبِذَا 

(Dihukumi) idghamkan bighunnah apabila bertemu dengan huruf ﻴَﻨْﻤُﻮْ (ya', nun, mim, dan wawu), kalimah ﻴَﻨْﻤُﻮْ tidak idgham jika satu kalimah seperti ﺪُﻧْﻴَﺎ.

وَادْ غِمْ بِلاَ عُنَّهِّ فِى لاَمِ وَرَا (٧) فَالْقَلْبُ عِنْدَ الْبَاءِ مِيْمَا ذُكِرَ 

(Dihukumi) idghamkan bila ghunnah apabia bertemu dengan lam (ل) dan ra’ (ر), dan iqlabkan ke mim apabila bertemu dengan ba' (ب).

وَاَخْفِبَنِّ عِنْدَ بَاقِى الأَحْرُفِ (٩) جُمْلَتُهَا خَمْسَةُ عَشْرٍ فَاعْرِفِ 

Dan ikhfa’-kan apabila bertemu sisa huruf, jumlahnya ada lima belas, maka ketahuilah.

بَابُ أَحْكَامِ الْمِيْمِ وَالنُّوْنِ الْمُشَدَّدَتَيْنِ وَالْمِيْمِ السَّاكِنَةِ

(Bab Hukum Mim Bertasydid, Nun Bertasydid dan Mim Sukun)

وْغُنَّةٌ قَدْاوَجَبُوْهَا اَبَدَا (١۰) فِى المِيْمِ وَالنُّوْنِ إِذَا مَاشُدِّدَا 

Para ulama' mewajibkan ghunnah (didengungkan) pada mim dan nun م نْ yang itu di tasdidkan.

وَالْمِيْمُ إِنْ تَسْكُنُ لَدَ الْبَاتُخْتَفَى (١١) نَحْوُعْتَصِمْ بِااللهِ تَلْقُ الشَّرَفَ 

Jika mim sukun bertemu dengan huruf ba’ maka dibaca ikhfa’ (samar), seperti contoh إِعْتَصِمْ بِااللهِ

وَادْ غِمْ مَعَ الْغُنَّةِ عِنْدَ مِثْلِهَا (١٢) وَاظْهِر لَدَى بَقِى الْحُرُوفِ كُلِّهَا 

Idghamkan dengan ghunnah apabila mim sukum bertemu mim, dan idzharkan ketika bertemu huruf hijaiyyah yang selain mim dan ba'.

وَاحُرْصْ عَلَى اْلأِظْهَارِ عِنْدَ الفَاءِ (١٣) وَالْوَاوِ وَاحْذَرْدَا عيَ الإِخْفَاءِ 

Dan tetaplah terhadap idzhar apabila mim sukun bertemu fa’ dan wawu, dan hindarilah jangan sampai ikhfa'.

بَابُ الْإِدْغَامِ

(Bab Idghom)

إِدْغُامُ كُلِّ سَاكِنِ قَدْ وَجَبَا (١٤) فِى مِثْلِهِ كَقَوْلِهِ إِذْدَ هَبَا 

Idgham setiap huruf yang sukun itu wajib di dua huruf yang sama (makhraj dan sifat), seperti إِذْدَ هَبَا

وَقِسْ عَلَى هدَاسِوَا وَاوٍ تَلاَ (١٥) ضَمًّاوَيَاءِ بَعْدَكَسْرِ يُجْتَلى 

Qiyaskan (samakan) terhadap ini kecuali wawu yang jatuh setelah dhammah, dan ya’ setelah kasrah maka di jelaskan (idhzar)

مِنْ نَحُوِ فِى يَوْمٍ لِيَاءِ اَظْهَرُوا (١٦) وَالوَاوِ مِنْ نَحْوِاصْبِرُوْا وَصَابِرَو 

Contohnya ya فِى يَوْمٍ dan wawu contohnya اصْبِرُوْا وَصَابِرَو semuanya di izdhar-kan

وَالتَّاءُ فِىدَالٍ وَطَاءِ اَسْبَتُوا (١٧) اِدْغَامَهَانَحْوُ اُجِيْبَتْ دَعْوَةُ 

Begitupun tetap idghammnya ta bertemu dal, seperti: اُجِيْبَتْ دَعْوَةُ

وَامَنَتْ طَائِفَةُ وَاَدْغَمُوا (١٨) الدَّالَ فِى الظَّاءِبِنَحْوِاذْظَلَمُوْا 

Amanat tha upayatun juga masukan dzal dalam dho idzalamu dimisalkan.

وَالدَّالَ فِى الثَاءِ بِلاَ مْتِرَاءِ (١٩) وَلاَمَهَل وَبَلْ وَقُلْ فِىْ الرَّءِ 

Dan dzal kedalam ta’ tanpa keraguan, dan lam hal, bal dan qul ke dalam ro

مِثْلُ لَقَدْ تَابَ وَ قُلْ رَبِّ احُكُمِ (٢۰) وَالْكُلُّ جَاءَبَا تِّفَا قِ فَاعْلَمِ 

Seperti: لَقَدْ تَابَ, dan قُلْ رَبِّ. semuanya datang dengan kesepakatan(ulama), maka ketahuilah

بَابُ أَحْكَامِ لَامِ التَّعْرِيْفِ وَلاَمِ الْفِعْلِ

(Bab Hukum Lam Ta'rif dan Lam Fi'il)

وَاَظْهِرَنَّ لاَمَ تَعْرِفِ لَذَى (٢١) أَرَبْعَةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْرٍ تُوْجَدَ 

Idzharkan lam ta'rif terhadap salah satu bagian dari 14 huruf yang terkumpul.

فِى اَبُغِ حَجَتَكَ وَخَمْ عَقِيْمَةَ (٢٢) وَفِى سَوَاهَامِنْ حُرُوْفٍ اَدْغِمَة 

Pada lafadz اَبُغِ حَجَتَكَ وَخَمْ عَقِيْمَةَ sedang yang lainnya idghom.

وَلاَفِعِل اَظْهِرَنَّ مُطْلَقَا (٢٣) فِيْمَا سِوَى لاَمٍ وَرَاءِ كَاالتَقَى 

Lam fi'il diizdhar kan secara mutlaq kecuali bertemu lam dan ra contohnya التَقَى

وَاُلتَمِسُوْا وَقَلْ نَعَمْ وَقُلْنَا (٢٤) وَاظْهِرْ لِحَرُفِ الْحَلْقِ كَاصْفَحْ عَنَّا 

Kata اُلتَمِسُوْا , قَلْ نَعَمْ dan قُلْنَا, idzharkan huruf halaq (yang bertemu huruf halaq yang berbeda) contohnya اصْفَحْ عَنَّا

مَالَمْ يَكُنْ مَعُ مِثْلِهِ وَالْيُدْ غَمَ (٢٥) فِى مَثْلِهِ حَتْمًا كَمَا تَقَدَّ مَا 

Bila hurufnya berbeda tapi jika serupa Idgomkan seperti diawal.

حُرُوْفُ التَّفْخِيْمِ وَحُرُوْفُ الْقَلْقَلَةِ

(Huruf-Huruf Tafkhim dan Qalqalah)

وَاَحْرُفُ التَفُخِيْمِ سَبْعُ تُحْصَرُ (٢٦) ىخُصَّ ضَفْطٍ قِطْ يعُلْ تُشَهَرُ 

Huruf Tafkhim ada 7 yang terkumpul dalam kalimat خُصَّ ضَفْطٍ قِطْ

قَلْقَلَةٌ يَجْمَعُهَاقَظْبُ جَقِ (٢٧) بَيَّنِ لَذَى وَقْفٍ وَسَكْنٍ تَرْشُدِ 

Adapun huruf qalqalah terkumpul pada ﻗَﻂْﺏُ ﺟَﺪِ, baca lebih terang / jelas pada waqaf atau sukun

حُرُوْفُ الْمَدِّ وَأَقْسَامُهَا

(Huruf Mad dan Pembagiannya)

وَاَحْرُفُ الْمَدِّ تَلاَثُ تُّوصَفُ (٢٨) اَلُوَاوُ ثُمَّ الْيَاءُ ثُمَّ اْلأَلِفُ 

Huruf mad (tanda panjang) ada tiga: (1). alif (2). wawu (3). ya

وَشَرْطُهَا اسِكَانْ وَاوٍ بَعْدَ ضَمْ (٢٩) وَسَكْنُ يَاءٍ بَعْدَكَسْرٍ مُلْتَزَمْ 

Syaratnya sukun wawu setelah dammah dan ya sukun setelah kasroh

وَألِفُ مِنْ بَعْدٍ فَتْحٍ وَقَعَ (۳۰) وَلَفْظُ نُوْ حِيْهَا لِكَُلِّ جَمَعَا 

Dan huruf alif setelah harakat fathah pada lafadz نُوْ حِيْهَا rangkuman contoh semuanya itu.

ﻓَﺎِﻥْ ﻓَﻘَﺪْﺕَ ﺑَﻌْﺪَ ﺣَﺮْﻓِﻪِ ﺍﻟﺴُّﻜُﻮْﻥِ (٣١) وَالْهَمْزُ فَاالْمَدِّ طَبِيْعِىْ يَكُنْ 

Apabila setelahnya (huruf mad) tiada tanda mati dan hamzah itu namanya mad tabi'i.

وِإِنْ تَلاَهُ الْهَمْزُ فِى كَلِمَتِهِ (٣٢) فَوَجِبٌ مُتَصِلٌ كَجَائَتِه 

Apabila ada huruf mad bertemu dengan hamzah ( hamzah sesudah huruf mad ) dalam satu kalimah, maka hukum bacaannya di sebut Mad wajib muttasil contoh: جَائَتِه

ﺍِﻥْ ﺗَﻼَﻩُ ﻭَﺑِﺄُﺧْﺮَﻯ ﺍﺗَّﺼَﻠَﺎ (٣٤) فَجَائِزٌ مُنْفَصِلٌ كَلاَإِلَى 

Apabila ada huruf mad bertemu dengan hamzah ( hamzah sesudah huruf mad ) tidak dalam satu kalimah, maka hukum bacaannya di sebut mad Jaiz munfasil contoh : ﻼَﺇِﻟَﻰ 

وَإِنْ يَكُنْ مَنْ يَعْدَهُ مُشَدَّدَا (٣٥) فَلاَزِمٌ مُطَوَالٌ كَحَآدَّا 

Apabila setelah mad ada tasydid itu mad lazim mutsaqqal / mutawwal seperti ﺤَﺂﺩَّﺍ

كَذَاكَ كُلَّ سَاكِنٍ تَأَصَّلَ (٣٦) مُخَفَفا يَكُوْنُ اَوْمُثَقَلاَ 

Begitupun setiap sukun huruf mati setelah mad yang asal itu mad lazim mukhaffaf 

وَمِنْهُ مَايَأتِى فَوَا تَحِّ السَّوَار (٣٦) وَفِى ثَمَانِ مِنْ حُرُوْفِيْهَاظَهَر 

Di antaranya hurup pembuka surat jumlahnya 8 dapat kamu lihat.

فِي كَمْ عَسَلْ نَقَصَ حَصْ هَاعُرِف (٣٧) وَمَا سِوَاهَا فَطَبِيْعِ لاَأَلِف 

Yang Terkumpul dalam kalimat: كَمْ عَسَلْ نَقَصَ sisanya alif mad tobi'i 

وِإِنْ يَكُنْ قَدْ عَرَضَ السُّكُوْنُ (٣٨) وَقْفًا فَعَارِضُ كَنَسْتَعِيْنُ 

 Kalau terpaksa sukun karena berhenti (mad arid lissukun) seperti contoh: نَسْتَعِيْنُ

خَاتِمَةٌ

(Penutupan)

وَاخْتِمُ بِحَمْدِاللهِ وَالصَّلاَةِ (٣٩) عَلَى النَّبِىِّ طَيِّبِ الصِّفَاتِ 

Akhiri memuji Allah dan sholawat pada nabi pemilik sebaik sifat

وَاْلأَلِ وَالصَّحْبِ مَعَ السَّلاَمْ (٤۰) اَبِيَتُهَا اَرْبَعُوْنَ بْالتَّمَامِ 

Dan keluarga, shahabat beserta limpah salam, kitab ini berjumlah 40 bait khatam

Demikianlah text dan terjemah nadhom Hidayatus Sibyan (هِدَايَةُ الْصِبْيَانْ). Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kitab Hidayatus syibyan teks Arab dan terjemahan "